BANDUNG RAYA

Inovasi Kecamatan Babakan Ciparay, Luncurkan Bulan Gizi Balita Berbasis Posyandu

Momon ImronBANDUNG, Walimedia – Berdasarkan Data PPLS Tahun 2011 jumlah masyarakat miskin di Kecamatan Babakan Ciparay sebanyak 11.200 jiwa atau 10,33 % dari jumlah penduduk Kecamatan Babakan Ciparay yaitu 108.404 jiwa.

Dari data penerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) ada sebanyak 5.513 KK atau 13,08 % dari Jumlah KK di Kecamatan Babakan Ciparay yaitu 42.122 KK. Dari data penduduk miskin di Kota Bandung Kecamatan Babakan Ciparay menduduki urutan ke-2 kecamatan terbanyak penduduk miskinnya yaitu 6,68%. Sedangkan jumlah bayi dan balita di Kecamatan Babakan Ciparay sebanyak 19.450 orang atau 17,94 % dari jumlah penduduk Kecamatan Babakan Ciparay.

Jumlah penduduk miskin dan jumlah bayi dan balita di Kecamatan Babakan Ciparay sangat rentan terjadinya bayi dan balita gizi buruk dan gizi kurang karena ada korelasi antara penghasilan keluarga dengan pemberian makanan kepada bayi dan balita.

Saat ini di Kecamatan Babakan Ciparay terdapat kasus 41 orang balita gizi kurang yang sudah ditangani oleh Puskesmas dengan diberikan PMT Pemulihan dan PMT Penyuluhan.
Tingkat Partisipasi Masyarakat pada kegiatan Posyandu (D/S) di 90 Posyandu baru mencapai 78,6 %, masih dibawah target nasional yaitu 85%. Dengan tingkat partisipasi ini dimungkinkan masih ada bayi dan balita yang kondisinya tidak terawasi/terkontrol oleh petugas Puskesmas.

IMG-20170503-WA0007Bulan Gizi Balita Berbasis Posyandu Kecamatan Babakan Ciparay Tahun 2017

Program ini adalah Program Inovatif dibidang Kesehatan dari Kecamatan Babakan Ciparay dengan melibatkan semua lintas sektor yang terkait dan pihak swasta dalam upaya membantu pemulihan balita gizi buruk dan kurang serta mencegah terjadinya kasus gizi buruk di Kecamatan Babakan Ciparay.

Lintas sektor yang terlibat : Kecamatan, Kelurahan, Puskesmas, KUA, PKK, LPM, Karang Taruna, MUI, TKSK, Pokjanal Posyandu Kecamatan, Pokja Posyandu Kelurahan dan Kader Posyandu.

Dari pihak swasta dan Organisasi social yang terlibat : Rumah Sakit Immanuel, Rotary Club Bandung Dago, Indofood, Agus Community.

Bulan Gizi Balita ini dilaksanakan pada bulan April dan bulan Oktober 2017 dan akan diagendakan pada tahun-tahun berikutnya. Berbasis Posyandu karena kegiatan ini difokuskan pada Kegiatan Posyandu di 90 Posyandu se-kecamatan Babakan Ciparay.

Sedangkan Tujuan dari Bulan Gizi Balita Berbasis Posyandu antara lain; Memberikan pemahaman tentang pentingnya pemberian PMT balita kepada oaring tua balita,
deteksi dini terhadap terjadinya kasus balita gizi buruk dan gizi kurang. Membantu proses pemulihan terhadap balita gizi buruk dan gizi kurang serta penyuluhan terhadap balita
Meningkatkan jumlah kunjungan balita dan partisipasi masyarakat (D/S) dan cakupan N/D.
Meningkatkan kualitas kader Posyandu dan meningkatkan strata posyandu
Serta meningkatkan partisipasi dan kepedulian pihak swasta dalam membantu peningkatan kualitas kesehatan di Kecamatan Babakan Ciparay.
IMG-20170503-WA0003Kegiatan Pada Bulan Gizi Balita Berbasis Posyandu Di Kecamatan Babakan Ciparay Tahun 2017
a. Penyuluhan mengenai Gizi Balita
b. Pembagian Buku Panduan PMT, Menu PMT, Spnaduk Kampanye Posyandu kepada semua Posyandu
c. Pelatihan kepada Kader Posyandu
d. Pemberian kepada PMT pemulihan kepada balita gizi buruk dan gizi kurang
e. Pemberian PMT penyuluhan kepada balita seluruh sasaran posyandu
f. Monitoring dari Tim Pokjanal Posyandu Kecamatan kepada setiap posyandu
g. Lomba Posyandu
h. Lomba Pembuatan PMT
i. Lomba Selfie kegiatan posyandu

Kegiatan pada Launching Bulan Gizi Balita Berbasis Posyandu :
– Penampilan seni budaya (kacapi suling)
– Pemeriksaan Kesehatan Gratis bagi 500 orang
– Penyuluhan Gizi Balita
– Lomba Pengolahan PMT
– Penyerahan Bantuan PMT
– Penyerahan Piagam Penghargaan kepada RS Imanuel, Rotary Club Dago, Miko Mall, Agus Community

IMG-20170503-WA0009Menuirut Camat Babakan Ciparay, Momon A. Imron S, Bulan Gizi Balita Berbasis Posyandu Kecamatan Babakan Ciparay Tahun 2017 yang di launching dan telah dilaksanakan Kamis (13/4/2017) lalu, di Miko Mall, Jalan Kopo Bandung.

“Dalam kegitan launching tersebut kami mengundang 500 orang, yang terdiri dari Kader Posyandu, Ketua RW, Orang tua balita, Kader PKK, Pokjanal Posyandu Kecamatan dan Pokja Posyandu Kelurahan, serta Muspika, lintas sektor tingkat di kecamatan,” ungkap MOmon ketika ditemui di kantornya, Jl. Babakan Ciparay Bandung, Senin (22/05/17).

Momon menambahkan, kegiatan yang dilakasanan Launching Bulan Gizi Balita Berbasis Posyandu, menampilkan seni budaya (kacapisuling), Pemeriksaan Kesehatan Gratis bagi 500 orang, Penyuluhan Gizi Balita, Lomba Pengolahan PMT, Penyerahan Bantuan PMT, Penyerahan Piagam Penghargaan kepada RS Immanuel, Rotary Club Dago, Miko Mall, Agus Community.

“Saya berharap dengan adanya inovasi Bulan Gizi Balita Berbasis Posyandu ini, dapat meminimalisir kasus balita gizi buruk dan gizi kurang, khususnya di wilayah Kecamatan Babakan Ciparay. Selain itu, saya berharap dapat meningkatkan kualitas kader Posyandu, meningkatkan strata Posyandu, serta dapat meningkatkan partisipasi dan kepedulian pihak swasta dalam membantu peningkatan kualitas kesehatan di Kecamatan Babakan Ciparay,” pungkasnya.

adv/@Bud

Click to comment

Tinggalkan Balasan

To Top
%d blogger menyukai ini: