EKONOMI

Baznas Sukabumi Terapkan Kampung Peradaban Zakat

SUKABUMI, (WM) – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Sukabumi akan menerapkan kampung peradaban zakat yang ada dibeberapa kelurahan. Saat ini ada tiga kelurahan yang akan di buat program tersebut. Yaitu, Kelurahan Cikundul Kecamatan Lembursitu, Kelurahan Jayamekar Kecamatan Baros, dan Kelurahan Subangjaya Kecamatan Cikole.”Nantinya wilayah tersebut akan menerapkan program kelurahan berperadaban zakat, untuk mendorong orang melek zakat,”terang Wakil Ketua III Baznas Kota Sukabumi Muh Kusoy, Jumat,(23/02)

Program tersebut lanjut Kusoy, selain untuk mendorong warga di daerah  yang memiliki rezeki lebih untuk secara sadar mengeluarkan zakatnya. Namun di sisi lain, program kelurahan berperadaban zakat dananya berasal dari Baznas pusat tersebut dapat mendorong para penerima zakat berupaya secara maksimal mengubah statusnya.”Ya awalnya menerima zakat,ketika sudah menerima bisa lebih meningkatan statusmya, dengan cara diberikan bantuan modal ekonomi agar berusaha sesuai dengan kemampuannya,” paparnya

Kedepan, tambah Kusoy, para penerima zakat juga akan diberikan pelatihan agar bisa meningkatkan kemampuannya. Sehingga kampung berperadaban zakat tersebut  akan digulirkan selama tiga tahun di tiga kelurahan tersebut.

“Harapannya program ini bisa berjalan dengan lancar karena didukung oleh masyarakat, karena targetnya meruba orang yang awalnya menerima zakat bisa berubah menjadi pemberi zakat,”  terangnya.

Terakhir Kusoy menyebukan bahwa pengumpulan zakat, infak, dan shodaqoh (ZIS) pada 2017 lalu di Kota Sukabumi melebihi target yang telah ditetapkan, yakni Rp2 miliar.”Dalam rentan waktu Januari hingga akhir Desember 2017 terkumpul dana ZIS sebesar Rp 2.061.443.573,”pungkasnya.(Ardan)

Click to comment

Tinggalkan Balasan

To Top
%d blogger menyukai ini: