EKONOMI

DPMPTSP Kota Sukabumi Terus Lakukan Pendataan Pelaku Usaha UMKM

SUKABUMI, (WM) –  Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Sukabumi terus melakukan pendataan terhadap pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM). Hal itu untuk mengkaji serta membantu pengembangan potensi produk lokal agar memiliki daya saing tinggi serta bisa mendapatkan peluang yang akan melakukan investasi terhadap pelaku UMKM.”DPMPTSP itu, selain mengurusi pelayanan  perijininan juga melakukan pendataan dan pengkajian potensi UMKM,”ujar Kasi Promosi dan Kerjasama Emi Supartini yang didampingi oleh Kasi Pengkajian Penanaman Modal dengan Nirma Ariyunata, disela-sela kunjungan ke berbagai pelaku UMKM di Kota Sukabumi. Kamis,(01/03).

Emi mengatakan, banyak produk UMKM yang mampu bersaing produk luar daerah, bahkan pihaknya mengaku tak sedikit UMKM sering dilibatkan dalam pameran di di berbagai daerah.Bahkan salah satu pengarjain batik di kota sukabumi di lirik oleh daerah luar yang saat ini terus berlanjutan”Batik kenari salah satunya yang sudah menjalin kerjasama dengan masyarakat Papua. Maksudnya, batik kenari ini sudah menjadi langgan orang papua,”ujar Emi.

Dalam pendataan yang dilakukan itu juga, kata Emi ketika nanti ada pameran di berabagai even, pihaknya tinggal memberangkatkan mereka, sehingga produk mereka bisa terkenal.”Dulu ada event, hari jadi Provinsi Jawa Barat, kita kirimkan beberap UMKM untuk pameran disana, dan alahmdulillah dampak kepada meraka ada peningkatan dalam penjualanya,”ujarnya

Apalagi lanjut Emi, event pameran itu merupakan ajang yang sangat bagus karena bisa memperkenal beragam produk, terutama dari para pelaku UMKM. Banyak produk para pelaku UKM maupun ekonomi kreatif dari Kota Sukabumi yang berkualitas di bawah binaan DPMPTSP. Karena itu, setiap event pameran, pihaknya  selalu mengikutsertakan para pelaku UMKM untuk mempromosikan produk mereka.”Kita akan mengikutsertakan para pelaku UMKM di bawah binaan kami dalam setiap kegiatan pameran, baik di dalam negeri maupun di luar negeri,”akunya..

Emi mengaku bangga bisa membantu para pelaku UMKM mempromosikan produk mereka ke berbagai daerah.”Kita rutin lakukan evaluasi hasil setelah para pelaku UKM itu mengikuti pameran dan promosi di berbagai daerah. Mereka mengaku sangat terbantu dengan diikutsertakannya dalam kegiatan pameran,”pungkasnya. (Ardan)

Click to comment

Tinggalkan Balasan

To Top
%d blogger menyukai ini: