BANDUNG RAYA

Tingkatkan Kualitas Sungai Pemkot Bandung Pasang 20 jaring Sampah

BANDUNG.WM – Pemerintah Kota Bandung terus berusaha meningkatkan kualitas sungai yang melintasi Kota Bandung. Salah satu cara yang telah dilakukan yaitu memasang jaring sampah di sejumlah sungai.

Saat ini, Pemkot Bandung telah memasang 20 jaring sampah di sejumlah sungai di Kota Bandung.

Menurut Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kota Bandung, Arief Prasetya, pemasangan jaring sampah dilakukan meminimalisir sampah di sungai-sungai yang melintas sungai. Sehingga diharapkan, sungai di Kota Bandung semakin bersih.

“Pemasangan jaring sampah mempermudah mengetahui wilayah yang banyak membuang sampah. Itu juga harus diketahui oleh tiap bagian dan wilayah,” kata Arief di Balaikota Bandung, Senin (12/3/2018).

Menurutnya, sampah yang melintasi sungai-sungai di permukiman warga di Kota Bandung terus dibenahi. Meski terkesan sepele, namun membuang sampah ke sungai memiliki dampak yang besar dan merugikan banyak pihak. Sayangnya, banyak masyarakat yang belum paham dan peduli terhadap dampak negatif kebiasaan tersebut.

Selain berpengaruh pada kondisi ungai, pemasangan jaring sampah juga mengurangi potensi banjir. “Pengaruhnya yaitu sungai menjadi bersih, banjir berkurang dan lingkungan sekitar pun menjadi nyaman,” kata Arief.

Saat ini memang belum semua sunagi di Kota Bandung terpasang jaring sampah. Arief mengatakan, Kota Bandung membutuhkan sekitar 50 jaring sampah.

“Jika dibutuhkan ya lebih dari 50 jaring sampah, tentu dengan desain yang bagus dan kuat untuk menahan sampah di sungai,”Kata Arief.

“Dengan adanya pemasangan jaring, dapat mendorong masyarakat yang berada di setiap kelurahan memiliki tingkat kesadaran dalam hal lingkungan. Karena semakin sering masyarakat membuang sampah di sungai maka di wilayah sungainya akan terjadi penumpukan sampah,” katanya.

Sementara itu, menurut petugas jaring sampah di lokasi Teras Cikapundung, Ateng (54), jaring sampah memiliki fungsi sangat baik. Alat tersebut mempermudah mengangkutan sampah dari sungai. Dengan jaring sampah, sampah yang terkumpul bisa diangkut sekaligus.

“Hal yang cukup berat jika sampah dikeruk setelah hujan. Karena banyak sampah yang terbawa arus sungai dan terjaring,” katanya. (Fk)

Click to comment

Tinggalkan Balasan

To Top
%d blogger menyukai ini: