EKONOMI

Jelang Bulan Suci Ramadhan, Mendag Sidak Bahan Pokok Di Pasar Andir

BANDUNG, Walimedia.com – Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita melakukan sidak harga kebutuhan pokok masyarakat (kepokmas) jelang bulan suci Ramadhan di Pasar Andir, Bandung. Sabtu (5/5/2018) sekitar pukul 07.30 WIB.Harga kepokmas di Pasar Andir relatif normal.

Enggar mendatangi Pasar Andir di Jalan Jend Sudirman Kota Bandung, Ia ditemani Dirjen Perdagangan Dalam Negeri, Dirkrimsus Polda Jabar, perwakilan Bulog dan PD Pasar.

Enggar mengenakan kemeja putih bersama rombongan terlebih dahulu mendatangi pedagang beras. Ia bertanya kepada pedagang perihal harga dan asal pasokan beras tersebut.

“Ini (beras) harganya berapa? Beli di mana?,” kata Enggar kepada pedagang beras.

Ia menyoroti harga beras medium yang dijual di pasaran. Ia meminta pedagang menjual khususnya untuk beras medium tidak melebihi harga eceran tertinggi (HET) Rp 9.450.

“Kita fokus utama beras, kita pastikan harus tersedia beras kualitas medium dengan harga maksimum eceren tertinggi,” ungkap dia.

Enggar menambahkan “Kalau tidak ada stok lokal maka Bulog siap menyiapkan itu,”

Sewaktu beralih ke pedagang daging sapi, pedagang mengeluhkan harga daging beku yang lebih mahal dari batasan pemerintah. Pedagang mengaku membeli daging beku Rp 83 – 84 ribu per kilogram, namun diminta menjual Rp 80 ribu per kilogram.

“Saya akan minta Bulog untuk menurunkan lagi harganya supaya nanti pedagang bisa jual Rp 80 ribu,” tegasnya.

Kendati mewajibkan pedagang menyediakan daging beku, ia juga meminta pedagang menyediakan daging segar. Hal ini untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang belum tentu menginginkan daging beku.

“Rakyat harus diberikan pilihan mau daging segar eks lokal silahkan, tapi daging beku yang lebih terjangkau 80 ribu harus tersedia,” tutur dia.

Ia lalu mendatangi pedagang daging ayam, telur dan sayur-sayuran seperti cabai, bawang merah, bawang putih. Secara umum harga komoditi kepokmas tersebut normal. Tidak ada kenaikan harga jelang bulan Ramadhan ini.

“Daging ayam dan telor secara umum gak ada soal. Kita lihat juga bawang putih di bawah Rp 25 ribu, cabelai dan bawang merah juga terkendali,” tutur dia.

Dia menegaskan Satgas Pangan akan terus memonitoring terkait harga dan stok kepokmas di pasaran terutama jelang Ramadhan. Namun, ia memastikan stabilitas harga ini akan terus menerus tidak hanya jelang Ramadhan saja.

Nr

Click to comment

Tinggalkan Balasan

To Top
%d blogger menyukai ini: