Dishub-Jasa Raharja-RS Bhayangkara Sukabumi Gelar Pos Pelayanan Kesehatan Gratis

Dishub-Jasa Raharja-RS Bhayangkara  Sukabumi Gelar Pos Pelayanan Kesehatan Gratis

SUKABUMI- Dalam agenda mudik gratis Dinas Perhubungan (dishub) Kota Sukabumi buka layanan kesehatan gratis bagi para pemudik.  Layanan kesehatan ini merupakan kerjasama dengan PT. Jasa Raharja (PT.JR) Cabang Sukabumi juga dengan RS. Bhayangkara Setukpa Polri.

Pelayanan gratis itu bukan hanya untuk untuk awak bus mudik gratis saja melainkan untuk masyarakat yang akan mudik juga. Sehingga adanya layanan ini setidaknya bisa mencegah gangguan kesehatan selama dalam perjalanan.“Dengan layanan ini, kondisi  kesehatan awak bus, khususnya pengemudi dalam  konsidi sehat. Supir membawa penumpang dengan nyaman dan selamat sampai tujuan,”kata kepala Perwakilan PT. JR cabang Sukabumi, Abdulrachman Damanik didampingi Mobile Service PT JR , Septian Gunawan di Dinas Perhubungan Kota Sukabumi, Sabtu (09/06).

Selain kesehatan pengemudi, kondisi kalaikan armada jga  merupakan faktor utama dalam mendukung keselamatan dalam perjalanan. Untuk itu, sebelum diberangkatkan, kendaraan telah menjalani pemeriksaan di Terminal Bus Ahmad Sanusi. ”Kalau PT.JR memeriksa kesehatan pengemudi, Dishub Kota Sukabumi memeriksa kelaikan armadanya. Setelah itu, juga dilakukan pemeriksaan Narkoba,”kata Damanik.

Jika hasil pemeriksaan pengemudi dalam kondisi tidak sehat, PT. JR merekomendasikan ke Dinas Perhubungan Kota Sukabumi untuk diganti. Hal sama juga jika pengemudi terdeteksi  mengonsumsi Narkoba leh BNN Sukabumi. “Kalau supir dan armada dalam kondisi prima, Insya Allah bisa mencegah terjadinya kecelakaan dalam perjalanan,”ujarnya.

Setelah layanan kesehatan mudik gratis, PT.JR juga akan membuka layanan kesehatan gratis di dua terminal bus, yakni KH. Ahmad Sanusi dan Terminal Cianjur.  Sedangakan mengenai klaim santunan jika ada korban kecelakaan, Damanik mengatakan tetap dilayani. Selama masa lebaran, petugas tetap bersiaga untuk mengantisipasi adanya korban kecelakaan lalu lintas. “Pelayanan PT.JR tetap berjalan karena setiap hari buka ada petugas piket. Begitu juga kalau korban haru sdibawaa kalau korban harus dibawa ke rumah sakit, kami sudah kordinasi dengan semua rumah sakit,”jelas Damanik.

Pengguna jalan diminta untuk berhati-hati terutama di titik rawan. Damanik mengungkapkan, ada sejumlah titik rawan kecelakaan di wilayah kerja PT. JR. Sukabumi, antara lain,  jalur Cianjur-Sukabumi, Kota Sukabumi-Palabuhanratu dan Cianjur Bogor lewat Puncak. “Diperlukan  kehati-hatian pengemudi untuk jalur ini,”katanya.

Selain itu kata Damanik, pada jalur rawan juga telah dipasang puluhan spanduk berisi imbauan dan titik rawan kecelakaan. Mengenai rambu, dia mengatakan telah berkordinasi dengan kepolisian dan Dinas Perhubungan. “Untuk jalur Sukabumi Cianjur saja ada 50 spanduk yang sudah dipasang,”ujarnya.

Sementara  Septian Gunawan menambahkan, selama lebaran layanan tetap buka mulai dari pukul 08 sampai 18.00 WIB. Sedangkan untuk klaim santunan sesuai jam kerja perbankan. “Tergantung bank, kalau BRI buka langsung  dicairkan,”pungkasnya. ardan

About The Author

Related posts

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: