PENDIDIKAN

PDRI Dorong Perguruan Tinggi menjadi Entrepreneurial University

BANDUNG, walimedia.com – Dewan Pengurus Wilayah Persaudaraan Dosen Republik Indonesia Jawa Barat menggelar Seminar Nasional dan Musyawarah Wilayah Ke-1 dengan tema Pengembangan Inkubator Bisnis Perguruan Tinggi di era Revolusi Industri 4.0 , di Auditorium Balai Bahasa Jawa Barat, Jalan Sumbawa No.11 Kota Bandung, Sabtu (28/07/2018).

Sebagai Pembicara dalam seminar Nasional antara lain, Founder PT Inovasi Semesta Ilmu (INOSI), Haitan Rachman dan Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat Persaudaraan Dosen Republik Indonesia, Ahmad Zakiyuddin.

“Acara ini sangat penting sebagai upaya untuk mendorong Perguruan Tinggi untuk menjadi entrepreneurial university sehingga kegiatan riset interdisiplin di Perguruan Tinggi dapat terkoordinasi secara memadai, dan mampu menghasilkan paket teknologi yang marketable,” Kata Ketua Umum DPP PDRI Ahmad Zakiyuddin.

Dijelaskan Zakiyuddin, dalam waktu dekat PDRI akan Launching Inkubator Bisnis.Tujuannya untuk memfasilitasi Dosen di Perguruan Tinggi khususnya anggota PDRI agar meningkatkan kualitas, profesionalisme dan kesejahteraannya. Dosen yang tergabung dalam PDRI diharapkan mampu memperkuat jejaring dengan sesama dosen perguruan tinggi lainnya dan dunia usaha sehingga mendorong pengembangaan Inkubator bisnis PT.

Pembicara seminar lainnya Haitan Rachman mengatakan bahwa Indonesia masih lemah dalam manajemen inkubasi bisnis seperti bidang it, pangan, bahasa, energi, fashion dll meskipun materi kuliah kewirausahaan sudah ada di Perguruan Tinggi. Penyebabnya adalah sebagian besar Perguruan Tinggi memiliki keterbatasan sarana dan prasarana untuk mengembangkan inkubasi bisnis dari hasil penelitian dan pengembangan. penelitian masih berorientasi pada publikasi ilmiah dan belum optimal mengarah ke komersial. Ada tiga titik Lemah inkubator bisnis di Indonesia yaitu startup bisnis,incubator bisnis dan investor bisnis, sehingga perlu dikembangkan pelaku bisnis-bisnis baru

Dalam kegiatan Seminar di rangkaikan dengan Musyawarah Wilayah. Ismaul Husni dari Universitas Pasundan terpilih secara aklamasi menjadi Ketua Umum Dewan Pengurus Wilayah Persaudaraan Dosen Republik Indonesia Jawa barat, Wakil ketua terpilih Asep Hidayat dari UIN Sunan Gunung Djati Bandung sedangkan Sekretaris Umum terpilih ceceng Salamudin dari STAI Almusaddadiyah Garut. (red)

Click to comment

Tinggalkan Balasan

To Top
%d blogger menyukai ini: