BANDUNG RAYA

Cibiru dan Ujungberung Pamerkan Produk Unggulan

Ayi Sutarsa, Camat Cibiru (kiri) pamerkan produk unggulan pada acara "Bandung Menjawab", Selasa (04/09/2018)

BANDUNG, walimedia.com. Kunci utama pengembangan warga adalah pemberdayaan dan inovasi. Hal itulah yang diyakini oleh Kecamatan Ujungberung dan Cibiru untuk mengembangkan wilayahnya.

Salah satunya yang telah dilaksanakan yaitu pemberdayaan keterampilan warga. Kini, Kecamatan Ujung Berung dan Kecamatan Cibiru memamerkan sejumlah produk unggulannya di acara “Bandung Menjawab”, Selasa (4/9/2018).

Kecamatan Ujung berung unjuk gigi produk unggulannya, dari minuman, cemilan sampai kerajinan tangan. Salah satu produk yang ditampilkan yaitu minuman yoghurt, merek ‘Orin’s Youghrt’. Minuman ini produk kelurahan Cigending Kecamatan Ujung Berung Kota Bandung. Minuman ini telah pasarkan lewat media online.

Selain minuman, ada juga cemilan seperti keripik ubi dan Peyeum Ketan yang menjadi produk unggulan.

Menurut Camat Ujung Berung, Taufik, M.M, produk unggulan produksi muncul berkat keinginan warganya dalam melakukan Wirausaha Baru (WUB). Masyarakat mandiri dan mampu mengembangkan potensinya dalam bidang kewirausahaan.

“Tiap kelurahan ada produk unggulan, ada juga kegiatannya. Kesenian, kuliner itu pasti,” tuturnya.

Ia berharap, produk unggulan Kecamatan UjungBerung terus berkembang. Untuk itu juga, ia terus mendorong agar warga terus berkolaborasi dengan seluruh stakeholder termasuk pemerintah.

“PKK, LPM, Karang Taruna itu kita rangkul agar menghasilkan inovasi yang bermanfaat,” katanya.

Tak ingin kalah dengan Kecamatan Ujungberung, Kecamatan Cibiru pun memamerkan produk unggulannya. Dari kuliner sampai alat kebersihan rumah tangga.

Cemilan keripik ubi dan tengteng emping melinjo menjadi unggulan Kelurahan Palasari Kecamatan Cibiru. Untuk alat kebersihan rumah tangga, seperti sapu injuk dan sikat toilet diproduksi di Kelurahan Pasir Biru. Produk kebersihan itu telah sampai Tangerang dan Jakarta.

Camat Cibiru, Ayi Sutarsa yakin bahwa masyarakat mampu berperan aktif didorong untuk berkegiatan.

“Ini harus dikembangkan, agar masyarakat berperan aktif dalam setiap kegiatan,” katanya.

Di Kecamatan Cibiru pun masih ada produk unggulan lainnya yaitu batik.

Ayi berharap, semua unsur yang berperan dalam mengembangkan kegiatan. Seperti LPM, PKK maupun Karang Taruna, perlu saling menguatkan satu sama lain.

“Secara rutin kita berikan bimbingan. Insya Allah ke depannya lebih baik,” jelasnya. (bud)

Click to comment

Tinggalkan Balasan

To Top
%d blogger menyukai ini: