SUKABUMI

Pemkot Sukabumi Berencana Naikan NJOP Tahun Depan

Dida Sembada, Kepala BPKD Kota Sukabumi

SUKABUMI, walimedia.com. -Badan pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Kota Sukabumi berencana akan menaikan Nilai Jual Objek Pajak (NJOP) ditahun 2019 nanti. Hal itu dilakukan guna meningkatkan pendapatn asli daerah (PAD) dari sektor PBB khususnya.

“Kita berencana akan menaikan NJOP di tahun depan,”ujar Kepala BPKD Kota Sukabumi Dida Sembada, Senin, (19/11).

Saat ini lanjut Dida, rencana kenaikan tersebut sedang dalam tahap kajian secara menyeluruh. Sebab, jangan sampai adanya kenaikan NJOP justru masyarakat juga yang dirugikan.

“Maksudnya adanya peningkatan NJOP itu, ingin masyarakat dan eknominya tumbuh. Tapi saat ini kita sedang melakukan studi secara menyeluruh dengan kepala UPT PBB P2 dan BPHTB, sebab jangan sampai masyarakat dan ekonominya belum siap saat akan menaikan NJOP,”tutu Dida.

Selain itu juga tambah Dida, kenaikan NJOP juga harus disesuaikan dengan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW). Artinya, kata Dida, harus nyambung antara perubahan tata ruang dengan kenaikan NJOP.”Bisa saja setelah adanya perubahan tata ruang (RTRW), yang dulu potensinya bagus malah jelek. Makanya kenaikan NJOP harus sinkron dengan perubahan RTRW nya,”ujarnya.

Kenaikan NJOP Aku Dida, tidak besar atau hanya naik satu tingkat dari harga yang paling dasar.”yang jelas kenaikan NJOP juga jangan berdampak kepada masyarakat dan pelaku investor. Maksudnya ketika investor akan menanamkan modalnya, tapi NJOP nya tinggi investor malah kabur. Itu juga menjadi bahan kita dalam menentukan kenaikan NJOP,”pungkasnya.(ardan)

Click to comment

Tinggalkan Balasan

To Top
%d blogger menyukai ini: