BANDUNG RAYA

Komunitas Penggemar Burung Kicau Ikuti Latber

Asep Suryana, Ketua pelaksana Latber dan Yudi, salah seorang peserta

PARONGPONG, walimedia.com. – Komunitas penggemar burung yang tergabung dalam wadah “Setia Laksana Bird Club” (SLBC) adakan kegiatan Latihan bersama (Latber) di lapangan desa Ciwaruga, Kec. Parongpong, Kab. Bandung Barat, Minggu (20/1). Latber  ini merupakan agenda rutin yang diselenggarakan SLBC setiap dua pekan sekali.

Latber ini tidak jauh berbedadengan lomba burung kicau pada umumnya. Hal ini dilakukan agar burung kicau terbiasa dengan aturan yang nantinya diterapkan dalam kontes atau perlombaan yang lebih besar.

Asep Suryana (48th), ketua pelaksana Latber mengatakan, peraturan dalam latihan bersama ini dibuat seperti dalam kontes sesungguhnya dan menghadirkan pula juri yang sudah profesional .

“Penentuan pemenang latihan bersama dilakukan oleh juri langsung di lapangan dan juga sudah profesional Itu kita lakukan agar peserta yang mengikuti tidak hanya sekedar latihan, tapi sudah seperti mengikuti lomba burung sebenarnya ,” jelas Asep.

Asep menjelaskan, jadwal latihan bersama ini digelar dua kali dalam seminggu, yakni pada hari Kamis dan Minggu mulai pukul 12.30-17.00 WIB . “Awalnya kegiatan ini dimulai pada tanggal tiga bulan tiga tahun kemarin (3 Maret 2018), dilakukannya juga suka malam. Namun karena banyak permintaan supaya jadi siang, kami pun lakukan itu. Dan ternyata peserta nya juga semakin bertambah.” tutur Asep saat ditemui di sela acara.

Adapun kelas burung yang mengikuti latihan bersama antara lain, LB Dewasa Umum, Balibu , Muray Batu , Kacer dan Paud Pemula .

“Ada beberapa kelas yang kita buka dengan nama kelas yang berbeda Yaitu kelas Setia, SLBC, Alfajaya, Pesta, Laksana dan juga Selap (nama itu hanya sekedar nama kelas). Perkelas hanya bisa menampung 36 burung di gantangan. Biaya pendaftaran ada yang Rp 10 ribu, Rp 20 ribu dan juga Rp 25rb tergantung kelasnya,” ungkapnya .

Panitia menjanjikan hadiah berupa uang tunai sebesar Rp100rb sampai Rp 250rb serta trofi dan juga piagam untuk latihan bersama ini. Untuk hadiah,  panitia hanya mengambil 20 persen dari uang pendaftaran sebagai biaya operasional dan untuk memajukan kualitas latihan.

Peserta yang mengikuti acara latber ini mayoritas dari daerah Ciwaruga, Cibubur,  Cicadas, Gegerkalong, Sari Wangi, Soreang dan Sari Jadi.

“Kebanyakan sih orang Ciwaruga tapi ada juga dari daerah lain ( yang mengikuti lomba). ” tutur Asep Suryana.

Sementara itu Yudi (38 th), salah seorang peserta mengatakan, dengan mengikuti latihan bersama di SLBC untuk meningkatkan kuliatas burung dan menyalurkan hobi. “Dengan adanya Latber ini, hobi saya tersalurkan dan meningkatkan kualitas burungnya “.

Yudi sendiri sudah berkecimpung di dunia burung selama 4 tahun ini berkata selain itu juga silaturahmi antar penjual burung terbangun. “ Yah, jadi nambah silaturahmi dan relasi juga kan dengan mereka (penjual dan pembeli burung)” pungkas Yudi, anggota dari komunitas Cengos Bird Club (CBC) Bandung Utara . (alv/Job 01)

Click to comment

Tinggalkan Balasan

To Top
%d blogger menyukai ini: