KPU Sukabumi Tetapkan Kursi dan Anggota Dewan Terpilih

oleh -0 views
WhatsApp Image 2019 08 14 at 20.40.47 e1565790692116

SUKABUMI, walimedia.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Sukabumi menetapkan perolehan kursi partai politik dan 35 anggota DPRD terpilih hasil Pileg (Pemilihan anggota legislatif) 2019, Rabu,(14/08/2019).
Rapat pleno yang dipimpin Ketua KPU Kota Sukabumi, Sri Utami dihadiri oleh para saksi dan sejumlah ketua partai politik (parpol) berlangsung di gedung DPRD Kota Sukabumi.

Dari 16 partai politik yang bertarung pada Pileg 2019 di Kota Sukabumi, sebanyak 9 partai yang memperoleh kursi di legislatif, yakni Partai Gerindra 6 kursi, Partai Golkar 6 kursi, PKS 5 kursi, Partai Demokrat 5 kursi, PDI Perjuangan 4 kursi, Partai Nasdem 3 kursi, PAN 3 kursi, PPP 2 kursi, dan Hanura 1 kursi. Sementara Perindo, PKB, PBB, PKPI, Pertai Berkarya, Partai Garuda dan PSI tidak mendapat kursi.

Utami mengatakan, penetapan calon terpilih di Kota Sukabumi alami keterlambatan. Pasalnya, KPU Kota Sukabumi mendapatkan gugatan dari peserta pemilih ke Mahkamah Konstitusi (MK).”Karena adanya gugatan, makanya penetapan calon terpilihnnya terlambat. Namun sekarang gugatan telah usai dengan dan hasilnya (gugatan) ditolak MK,”ujarnya.

Utami menambahkan, untuk berkas suratkeputusan nantinya akan diserahkan ke Walikota Sukabumi yang selanjutnya diserahkan ke Gubernur Jawa Barat. Kemudian, gubernur mengeluarkan SK untuk acara pelantikan.“Nah, untuk acara pelantikan bukan ranah kami lagi, tapi sekretariat dewan. Setelah penyerahan berkas, tugas KPU berakhir pada Pileg 2019,”katanya.

Sri Utami menjelaskan, rapat pleno ini merupakan tahap terakhir sekaligus puncak dari Pileg 2019. Selanjutnya, dilaksanakan menyerahkan surat keputusan kepada calon terpilihnya di KPU Kota Sukabumi.”Meski tugas penyelenggaraan Pileg 2019 selesai, KPU Kota Sukabumi tetap bekerja, tapi hanya tugas sehari-hari,”pungkasnya.(ardan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.