Jabar Percepat Pembangunan Infrastruktur Jalan

oleh -1 views
IMG 20190821 WA0017

SUKABUM, wallimedia.com – Pemerintah provinsi Jawa Barat terus mempercepat sejumlah pembangunan infrastruktur transportasi di berbagai daerah di Jawa Barat. Dengan begitu, konektivitas antar daerah semakin baik dan berdampak pada iklim investasi yang kondusif, serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Hal tersebut disampaikan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil usai melakukan Groundbreaking flyover Kota Sukabumi segmen 3 yang berlokasi di Jalan Lingkar Luar Sukabumi, Kota Sukabumi, Rabu (21/08/2019).

Menurutnya, jika pembangunan flyover Kota Sukabumi segmen 3 selesai, warga bisa memanfaatkan kelancaran lalu lintas dan tidak ada lagi perlintasan sebidang antara jalur kereta api dengan kendaraan. Sehingga, keselamatan warga lebih aman dan juga melancarkan potensi ekonomi di Kota Sukabumi.

“Dengan konsep ini, tidak ada lagi truk barang besar-besar yang melewati jalanan Sukabumi yang kecil-kecil. Ini membuat lalu lintas lancar, ekonomi juga lancar dan bisa membawa kemajuan pembangunan buat Kota Sukabumi,” ujarnya.

Diharapkan, pengerjaan Flyover Lingkar Lingkar Luar Sukabumi yang menghubungkan Jalan Baros ke Jalan Sukaraja selesai sesuai rencana di tahun 2020 atau 160 hari kerja. Sebab, flyover yang memakan biaya Rp 33 miliar tersebut diperlukan untuk mempermudah mobilitas warga dan mengurai kemacetan di jalur-jalur arteri.

“Desember sudah selesai dan Januari masyarakat harus bisa memanfaatkan. Nanti tahap berikutnya di 2020 sampai akhirnya Jalan Lingkar Luar ini betul-betul melewati full Kota Sukabumi tanpa dilalui kendaraan berat atau barang,” ujar dia.

Sementara itu, Kepala Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang (BMPR) Provinsi Jawa Barat, A. Koswara, menyebut flyover tersebut adalah bagian pembangunan Lingkar Selatan Sukabumi. Diharapkan, Jalur Lingkar Sukabumi dapat menyelesaikan kemacetan, sekaligus mendorong perkembangan dan kemajuan Kota Sukabumi.

“Kami menyampaikan terimakasih kepada semua pihak yang terlibat dan berkomitmen melaksanakan pembangunan Jalan Lingkar Sukabumi, semoga semua kegiatan di tahun 2019 berjalan lancar, dan berlanjut ke segmen selanjutnya, sampai selesai,” ucap Koswara.

Panjang Lingkar Sukabumi sendiri, sekira 19 kilometer dengan pembangunan flyover yang terbagi dalam 4 segmen. Segmen 1 menghubungkan Cibolang-Pelabuhan dengan panjang 6,9 kilometer. Segmen 2 menghubungkan Pelabuhan-Baros dengan panjang 2,2 kilometer dan kedua segmen tersebut telah terealisasi.

Sementara untuk segmen 3 yang akan dibangun menghubungkan Baros-Sukaraja memiliki panjang sekira 4,4 kilometer. Setelah itu, pembangunan dilanjutkan ke segmen 4 yang akan menghubungkan Sukaraja-RM Nikmat dengan panjang 5,5 kilometer.(yon)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.