Pangdam III/Siliwangi Lepas Prajurit untuk Misi Perdamaian di Lebanon

oleh -3 views
Pangdam IIISiliwangi Lepas Prajurit untuk Misi Perdamaian di Lebanon

BANDUNG, walimedia.com – Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto melepas 8 prajurit Satuan Tugas (Satgas) untuk misi pemeliharaan perdamaian dunia PBB di wilayah selatan Lebanon tahun 2019. Mereka dilepas di Makodam III/Siliwangi, Jalan Aceh, Kota Bandung, Kamis (05/12/2019).

Dalam sambutannya, Budi menuturkan, setiap prajurit TNI yang ditugaskan untuk berangkat ke daerah operasi merupakan prajurit terpilih, terdidik, dan terlatih. Dengan demikian, kata dia, negara telah memberi kepercayaan dan penghargaan kepada para prajurit untuk mengemban tugas.

“Sejatinya setiap prajurit TNI yang diberangkatkan ke daerah operasi merupakan prajurit yang terpilih, terdidik dan terlatih,” kata Budi.

Sejak dilantik dan disumpah menjadi prajurit, kata dia, sudah tertanam dalam diri untuk mengemban berbagai tugas dan bersedia melaksanakannya. Apalagi, tugas yang dibebankan adalah memelihara perdamaian dunia dan menjadi komitmen Indonesia sebagaimana tertuang dalam pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 Alinea IV.

“Misi pemeliharaan perdamaian PBB merupakan kepercayaan dan kehormatan yang diberikan bukan saja oleh bangsa dan negara tetapi juga kepercayaan dunia untuk menjaga dan memelihara dunia khususnya di wilayah selatan Lebanon,” ucap dia.

Budi berpesan agar Satgas senantiasa memohon doa kepada Tuhan YME dan dilancarkan dalam menjalankan tugas serta menjaga nama baik Indonesia dengan menjaga budaya di tempat yang telah ditugaskan. Jangan sampai, kata dia, mencederai kepercayaan yang sudah diberikan dengan perbuatan tak terpuji

“Peran Indonesia di Selatan Lebanon selama ini sangat direspon dengan baik dari semua kalangan, baik masyarakat maupun pemerintah daerah setempat. Oleh karena itu, jangan ciderai kepercayaan tersebut dengan perbuatan yang tidak terpuji,” tegas dia.

Biasanya, Satgas yang dilepas untuk misi perdamaian dunia bertugas selama 9 bulan hingga 1 tahun bergantung kepada situasi. Setelah dilepas, mereka akan bergabung dengan Satgas lainnya di Jakarta. Adapun dari prajurit yang dilepas diketahui terdapat Mayor Inf Agus dari Minvetcaddam III/Siliwangi.(yon)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.