Harga Bawang Putih Naik, DPRD Jabar Minta Batasi Impor

oleh -1 views

BANDUNG, walimedia.com – Harga bawang putih di sejumlah daerah di Jawa Barat mengalami kenaikan. Semisal, di kota Bandung saja kenaikan drastis hingga mencapai 50 ribu per kilogram.
Kenaikan tersebut diduga akibat impor bawang putih dari China dihentikan terkait merebaknya wabah Virus Corona.

Menanggapi kenaikan ini, Ihsanudin, Anggota DPRD Jawa Barat dari Fraksi Partai Gerindra Ihsanudin meminta agar pemerintah provinsi Jabar harus segera melakukan upaya pembatasan impor bawang putih dari Cina dan menstabilkan harga bawang putih di pasaran.

“Pemerintah harus membatasi impor bawang putih dari Cina, tetapi stabilitas harga bawang putih saat ini harus dipastikan bisa dilakukan,” ucapnya, Kamis (13/2/2020).

Selain itu, Ihsan juga meminta kepada pemerintah Jabar tidak enggantungkan impor bawang putih dari luar negeri.

“Jangan bikin rakyat kecil semakin susah. Hidup mereka sudah sangat sulit. Segeralah mencari solusi di dalam negeri daripada tergantung dengan impor,” tambahnya.

Sementara itu, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Jawa Barat menduga bahwa ada penimbunan stok bawang putih. Hal tersebut diketahui menurut satgas pusat pasokan bawang putih masih cukup sampai dengan awal Maret.

“Kami berkoordinasi dengan satgas pangan karena ini kan kata pak dirjen rada-rada ditengarai ada penimbunan,” kata Kepala Disperindag Jabar, Arifin Soendjayana saat dihubungi di Bandung, Rabu (12/2/2020). (abas)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.