Warga Hamparan Perak Gelar Sholat Ied dengan Terapkan Prokes

oleh -0 views
hamparan perak e1620949041997
Warga Hamparan Perak, Deli Serdang, Medan melaksanakan Solat Idul Fitri 1442 H di lapangan terbuka

DELI SERDANG | WALIMEDIA – Warga Hamparan Perak, Deli serdang, Medan menggelar shalat idul fitri 1442 Hijriayan di lapangan terbuka. Meskipun tercatat nol kasus Covid-19, namun pelaksanaan kegiatan dilakukan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes).

Nampak jama’ah begitu khidmat dan khusyu’ mengikuti shalat dan menyimak khutbah. Berdasarkan pemantauan di lapangan sekitar 200 orang hadir untuk ikut berjamaah.

Di kesempatan kali ini, khatib yang memimpin shalat dan menjadi penceramah adalah Ustadz Halim Majid S.Ag, asal Sumedang. Dia merupakan salah seorang da’i kafilah du’at yang telah hampir setahun lebih bertugas di Hamparan Perak.

Dalam khutbahnya, khatib membahas seputar sabar. Dia menuturkan “Mengingat situasi sekarang yang serba sulit, maka sifat sabar yang sudah dipupuk semenjak ramadlan, mutlak harus ada dalam langkah setiap muslim menghadapi hari-hari ke depan,” tuturnya. Kamis (13/5/2021).

Mengutip definisi sabar dari Ibnu Hajar al-‘Asqalani dalam Fathul Bari, bahwa sabar itu menurutnya memiliki tiga bentuk. Pertama, Habsun nafsi ‘anil makrūhi menahan diri dari yang dibenci, kemudian yang kedua, ‘Aqdul-lisāni ‘anisy-syakwa yaitu mengikat lisan dari mengeluh, dan yang ketiga, Al-mukābadah fī tahammulihi wa intizhāril-faraj siap menanggung derita dan menunggu hingga lapang.

Selanjutnya khatib menceritakan tentang tauladan generasi terbaik, seperti Nabi Saw. dan para sahabat dalam menghadapi segala musibah dengan penuh kesabaran.

“Berdasarkan kisah dari orang-orang shaleh terdahulu, maka bisa kita ketahui bahwa kesabaran itu tidak ada batasnya, kesabaran itu berakhir dengan dua pilihan; mendapatkan pertolongan Allah, atau seseorang sabar hingga ajal menjemput,” jelasnya.

Di akhir pembahasannya, khatib mengajak kepada segenap kaum muslimin yang ikut serta, untuk menanamkan kesabaran di dalam jiwa masing-masing. Selain itu, khatib juga mengajak mustami’ untuk mendo’akan saudara-saudara muslim lain yang ada di Palestina.

“Keadaan mereka begitu memprihatinkan, telah puluhan korban yang meninggal, semoga Allah memberikan kesabaran bagi segenap warga muslim Palestina, semoga Ia memberikan pertolongan-Nya, dan semoga Ia memenangkan agama Islam di atas semua agama,” Tutup Ustadz Halim diakhir khutbahnya. (Alv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.