Portugal dan Belanda Tersingkir di Piala Eropa

oleh -3 views
Pemain tim nasional Belgia Thorgan Hazard (kanan) melakukan selebrasi  seusai mencetak gol ke gawang Portugal dalam laga 16 besar Euro 2020 di Stadion La Cartuja, Sevilla, Spanyol, Minggu (27/6/2021) waktu setempat (Senin dinihari) WIB. (na/wmol)
JAKARTA I WMOL – Juara bertahan Portugal akhirnya tersingkir di Piala Eropa. Nasib yang sama diikuti pula oleh Tim Nasional Belanda yang kalah dari Rep, Ceko.
Tim nasional Belgia memastikan Portugal gagal mempertahankan gelar juara Piala Eropa seusai menghentikan langkah tim juara bertahan itu di babak 16 besar Euro 2020.

Gol tunggal yang dicetak Thorgan Hazard menjadi penentu kemenangan 1-0 yang dibukukan Belgia atas Portugal di Stadion La Cartuja, Sevilla, Spanyol, Minggu (27/6/2021) waktu setempat (Senin WIB).

Dengan demikian, Belgia lolos ke perempat final dan akan bertemu Italia yang sudah lebih dulu melangkah setelah melewati hadangan Austria, demikian catatan laman resmi UEFA.

Portugal sebetulnya tampil lebih agresif sejak sepak mula dan melancarkan beberapa serangan berbahaya, termasuk pada menit keenam saat Diogo Jota menerima umpan kiriman Renato Sanches, sayang tembakan penyerang Liverpool itu masih melenceng dari sasaran.

Pada menit ke-25, Portugal mendapat peluang bagus dari situasi tendangan bebas dan Cristiano Ronaldo mampu mengeksekusinya dengan baik, tetapi kiper Thibaut Courtois bereaksi sama baiknya demi menyelamatkan gawang Belgia.

Belgia perlahan-lahan mulai mampu membangun serangan yang lebih baik dan nyaris memimpin pada menit ke-37 saat Thomas Meunier melepaskan tembakan melengkung sayang bola masih bisa melenceng di sisi kiri gawang kiper Rui Patricio.

Lima menit berselang, kebuntuan akhirnya pecah ketika Thorgan Hazard menerima umpan dari Kevin de Bruyne, melakukan satu sentuhan sebelum menyelesaikannya dengan sepakan menukik yang cukup untuk memperdaya Patricio dan membuka keunggulan Belgia.

Tertinggal satu gol Portugal lebih agresif membangun serangan di babak kedua hingga Ronaldo mampu mengirim umpan terobosan ke dalam kotak penalti Belgia pada menit ke-59, sayang penyelesaian Jota masih melambung terlalu tinggi dari sasaran.

Courtois terus memperlihatkan penampilan gemilangnya dengan kecermatannya merebut bola umpan sundulan Ronaldo yang nyaris disambar oleh Andre Silva pada menit ke-88.

Sementara Belgia melanjutkan langkah mereka ke perempat final menghadapi Italia, Portugal harus pulang lebih awal dari turnamen.

Ceko ke Perempat Final

Sementara itu Tim nasional Republik Ceko melangkah menuju perempat final Euro 2020 seusai menyingkirkan Belanda, yang harus main dengan 10 pemain sejak menit ke-55, dalam laga 16 besar yang berakhir dengan skor 2-0 di Stadion Puskas Arena, Budhapest, Hongaria, Minggu (27/6/2021) waktu setempat (Senin WIB).

Situasi 11 lawan 10 akibat kartu merah bek Belanda Matthijs de Ligt, mampu dimanfaatkan Ceko yang meraih kemenangan lewat gol-gol Tomas Holes dan Patrik Schick, demikian catatan laman resmi UEFA.

Dengan hasil itu Ceko sekali lagi mampu jadi kerikil di dalam sepatu Belanda, kendati tim Oranye tiba di laga kali ini berstatus salah satu unggulan juara Euro 2020, dan akan menantang Denmark di babak perempat final.

Wasit Sergei Karasev awalnya hanya menghadiahi kartu kuning untuk De Ligt, tetapi setelah mendapat masukan dari VAR dan meninjau langsung tayangan ulang di monitor tepi lapangan pengadil asal Rusia itu menaikkan hukumannya jadi kartu merah, memaksa Belanda melanjutkan laga hanya dengan 10 pemain sejak menit ke-55.

Situasi 11 lawan 10 membuat Ceko lebih agresif melancarkan serangan dan pada menit ke-64 Pavel Kaderabek menerima umpan silang di dalam kotak penalti, beruntung bagi Belanda Dumfries sukses melakukan halauan untuk menghadang bola tembakan bek TSG Hoffenheim tersebut.

Kerja keras Ceko memanfaatkan situasi yang timpang akhirnya membuahkan hasil pada menit ke-68 untuk merebut keunggulan melalui gol Holes.

Berawal dari situasi tendangan bebas, Kalas mengirimkan umpan sundulan menyilang yang segera ditanduk oleh Holes demi menjebol gawang Belanda.

Tertinggal satu gol, Frank de Boer berusaha membangkitkan Belanda dengan menambah tenaga segar di lini depan, memasukkan Wout Weghorst menggantikan Marten de Roon, supaya mereka lebih lancar mengalirkan bola-bola udara.

Hanya saja, situasi 10 lawan 11 tetap menyulitkan Belanda dan meninggalkan lubang yang berusaha dimanfaatkan Tomas Soucek dengan tembakan jarak jauh pada menit ke-77, tapi kiper gaek Maarten Sketelenburg mampu mengamankan bola.

Tiga menit berselang, lubang di pertahanan Belanda semakin tampak saat mereka gagal menghentikan pergerakan Holes ke sisi kiri kotak penalti dan mengirimkan umpan tarik yang disambut sempurna oleh Schick untuk menggandakan keunggulan Ceko.

Belanda terus berusaha menciptakan momentum kebangkitan, tetapi dengan hanya 10 pemain mereka kesulitan melakukannya dan harus menelan kekalahan 0-2 dari Ceko saat peluit tanda laga usai berbunyi.

Sementara Ceko melangkah ke perempat final menghadapi Denmark, Belanda harus mendapati penampilan kembali mereka di babak utama turnamen bergengsi hanya berhenti di putaran 16 besar. (na/den)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.