Ganas Annar MUI Gelar Mudzakarah dan Rakernas Secara Hybrid

oleh -10 views
buya basri e1632994734798

JAKARTA | WMOL – Gerakan Nasional Anti Narkoba (Ganas Annar) Majelis Ulama Indonesia (MUI) menyelenggarakan mudzakarah dan rapat kerja nasional (Rakernas) dengan mengangkat tema “Pemahaman P4GN, Pelatihan Adiksi, Pendirian Layanan Konseling Terpadu Ganas Annar MUI Provinsi, dalam Rangkaian Kegiatan Mudzakarah dan Rakernas”, Kamis (30/9/2021).

Kegiatan ini dilakukan secara hybrid (virtual dan offline terbatas) dan dilaksanakan live streaming via Youtube Ganas Annar MUI, facebook Ganas Annar MUI dan Youtube official TV MUI.

Kegiatan ini diikuti oleh utusan Ganas Annar Provinsi, juga Kelompok Pemuda Pemudi Inti Anti Narkoba (KIPAN) di 34 Propinsi, juga pimpinan BNN Pusat dan Propinsi.

Wakil Ketua Umum Dewan Pengurus MUI, K.H Basri Bermanda, yang mewakili K.H Miftachul Akhyar dalam sambutan mengatakan mudzakarah dan Rapat kerja Nasional Gerakan Nasional Anti Narkoba (Ganas Annar) ini merupakan agenda program kerja Ganas Annar MUI pusat dan propinsi.

Menurut Buya Basri, MUI Pusat juga sangat mendukung Gagasan Pendirian Pusat Rehabilitasi Terpadu Ganas Annar MUI yang rencananya berlokasi di Puncak, Bogor, Jawa Barat. Dukungan ini dalam rangka untuk membantu masyarakat yang mempunyai masalah dengan penyalahgunaan Narkoba.

Sementara itu Ketua Ganas Annar-MUI, Titik Haryati mengatakan bahwa melaksanakan rehabilitasi merupakan amanah Undang-Undang Narkotika Nomor 54 tahun 2009 tentang Narkotika dan Penyalahgunaan Narkotika, dimana pengguna wajib menjalani rehabilitasi medis dan sosial.

Sinergitas dengan BNN (Badan Narkotika Nasional) yang sudah berjalan selama lima tahun sangat berarti dalam melaksanakan UU Narkotika No.35/2009 dan sudah banyak yang dilakukan sampai di tingkat provinsi, kabupaten dan kota.

Konsep program prioritas Pusat Rehabilitasi Terpadu di MUI, kata Titik memang belum bisa melaksanakan secara maksimal, namun dengan kerjasama dengan berbagai pihak seperti psikolog, psykiater, konselor dapat membantu masayarakat luas.

Rehabilitasi terpadu di MUI yang digagas Ganas Annar MUI Pusat dalam persiapanmya telah mendirikan layanan konseling terpadu, yang diharapkan dapat juga dilaksanakan di 31 Ganas Annar MUI Provinsi.

Pada mudzkarah dan Rakernas juga dilakukan pembahasan tentang AD/ART juga kepengurusan yang akan dituangkan dalam Surat Keputusan Majelis Ulama Provinsi. Sehingga koordinasi, informasi dan komunikasi dalam melaksanakan organisasi Ganas Annar MUI Pusat dan Ganas Annar MUI Provinsi dapat saling mendukung dan saling mengisi.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.