5 Tips Aman Bepergian Selama Corona

oleh -4 views
tips aman
TIps aman bepergian (unsplash)

BANDUNG | WMOL – Belum amannya dunia saat ini dari virus corona menyebabkan banyak orang membatasi aktivitasnya di luar rumah. Namun, jika kondisi memaksa bepergian ke luar rumah untuk keperluan yang penting tidak bisa dihindari, tentunya membutuhkan tips aman bepergian selama corona berlangsung.

Tips semacam ini sangat penting mengingat virus ini belum sepenuhnya pergi meskipun telah dilakukan berbagai cara. Menerapkan protokol kesehatan yang ketat pun akan memberikan banyak keuntungan bagi kesehatan diri sendiri dan orang lain.

5 Tips Aman bepergian Selama Corona

Siapa yang tidak ingin kembali beraktivitas di luar rumah seperti sebelumnya. Melakukan karantina di rumah juga bisa menimbulkan kebosanan yang bisa berakibat stres. Apalagi jika ada tuntutan kerja atau keperluan penting lainnya. Aktivitas di luar rumah tentu tidak bisa dihindari.

Agar selalu sehat dan tidak mudah tertular virus corona selama di luar rumah, tips aman bepergian saat pandemi berikut wajib Anda terapkan;

1. Wajib Menggunakan Masker

Saat melakukan aktivitas di luar ruangan atau rumah wajib disarankan untuk menggunakan masker. Pakai masker yang aman, jika bisa gunakan masker kesehatan atau yang dua lapisan agar virus tidak mudah masuk.

Selalu gunakan masker dan lepas jika hanya ingin makan, minum atau keperluan penting lainnya. Setelah selesai beraktivitas buang masker segera di tempat yang aman. Jangan sekali-kali menggunakan masker lebih dari satu hari.

Sebab bakteri akan mudah berkembang di dalam masker jika digunakan terlalu lama. Hindari pula menyentuh bagian luar masker karena banyak terdapat bakteri dan virus. Bila terpaksa harus menyentuh, segeralah cuci tangan memakai sabun.

2. Minum Vitamin

Tips aman bepergian sendiri lainnya yang wajib diterapkan adalah minum suplemen atau vitamin untuk mencegah terpapar virus corona. WHO sendiri telah menghimbau untuk selalu menjaga kebersihan dan mencuci tangan.

Himbauan lainnya adalah selalu memperkuat daya tahan tubuh. Misalnya dengan menerapkan pola makan yang lebih sehat dan rajin mengkonsumsi vitamin atau suplemen.

3. Jangan Lupa Untuk Senantiasa Berdoa

Menerapkan gaya hidup sehat dan menghindari hal-hal yang dapat memicu tertularnya virus corona saja rasanya belum cukup. Tips aman bepergian selama corona yang lainnya adalah selalu rutin berdoa selama perjalanan agar selalu mendapat perlindungan dari bahaya penyakit menular. Contohnya saja dari virus corona ini.

4. Hindari Berbagi Makanan

Selama bepergian sebisa mungkin hindari berbagi makanan dengan orang lain, karena hal tersebut bisa jadi salah satu cara media penularan virus corona. Hal penting lainnya adalah jangan sampai berbagi peralatan makanan seperti sendok dan gelas dengan orang lain, karena Anda tentu tidak tahu orang tersebut aman dari virus atau tidak. Hindari pula berbagi peralatan mandi dan yang lainnya.

Di samping itu, jangan lupa untuk menerapkan cuci tangan sebelum dan sesudah makan. Utamanya setelah mengunjungi tempat umum. Biasanya virus akan mati apabila terkena cairan antiseptik dan air. Sehingga dapat membantu membunuh kuman atau virus yang bersarang di tangan Anda.

5. Rutin Cek Kesehatan dan Suhu Badan

Tips aman bepergian selanjutnya adalah dengan rutin melakukan cek kesehatan dan suhu badan. Alangkah baiknya jika Anda membawa termometer sendiri selama bepergian agar bisa memantau kondisi suhu badan selama berada di luar rumah.

Apa Saja yang Harus Dibawa Saat bepergian Selama Corona?

Bepergian selama corona memang sedikit mengkhawatirkan karena virus ini belum sepenuhnya hilang dan masih terus mengancam. Jika memang terpaksa harus pergi, terdapat beberapa peralatan penting yang wajib Anda bawa dan tidak boleh dilupakan antara lain;

1. Masker

Benda yang wajib dibawa saat bepergian selama corona adalah masker. Untuk benda satu ini sebaiknya menggunakan masker yang sekali pakai, tebal, dan dua lapis. Lebih bagus apabila Anda memakai masker kesehatan yang lebih aman. Saat berada di luar rumah selalu sediakan masker lebih dari satu, karena jika Anda sudah merasa maskernya tidak layak pakai lagi bisa menggantinya dengan yang baru.

2. Hand Sanitizer dan Tisu Basah

Kedua barang ini juga tidak kalah pentingnya. Selalu sediakan keduanya di dalam tas sebagai bentuk perlindungan dari bahaya virus corona. Setiap Anda selesai memegang sesuatu di tempat umum, jangan lupa untuk menyemprotkan hand sanitizer pada tangan agar tidak ada virus atau kuman yang menempel.

Begitu pula saat beraktivitas di luar, sedapat mungkin lap dengan tisu basah beberapa permukaan benda atau alat yang mungkin sering disentuh orang lain sebelum Anda menyentuhnya.

3. Vitamin

Penting sekali membawa vitamin, utamanya vitamin C. Apalagi jika yang bepergian adalah wanita yang sedang hamil muda. Tips aman bepergian saat hamil muda selain membawa vitamin yang berperan sebagai imunitas tubuh, juga beberapa suplemen atau susu murni yang dapat mendukung kekebalan tubuh dari virus atau kuman.

4. Peralatan Makan

Apabila keperluan di luar rumah tergolong lama, misalnya bekerja atau aktivitas lainnya benda lain yang wajib Anda bawa sendiri adalah peralatan makan. Berbagi alat makan pada saat pandemi seperti sekarang ini juga tidak bagus untuk kesehatan. Sebab benda tersebut berpotensi menularkan penyebaran virus corona.

5. Membawa Tas Sendiri

Bepergian ke luar rumah terkadang memiliki keinginan untuk belanja suatu barang. Nah, alangkah baiknya jika Anda membawa tas atau totebag sendiri untuk alasan keamanan dan kesehatan. Membawa tas sendiri selain menghindari penularan virus juga sebagai upaya menghemat dan mengurangi banyaknya limbah plastik.

Bagi Anda yang tidak memiliki banyak tote bag, kini bisa mendapatkannya dengan mudah di Blibli.com. Tempat belanja online ini pun sekarang menyediakan aneka tote bag sebagai upaya penyelamatan lingkungan dan membantu Anda terhindar dari ancaman virus corona.

Setidaknya dengan membeli tote bag, Anda telah mengupayakan tips aman bepergian selama corona dengan baik. Harga tote bag di Blibli.com juga terjangkau dan kualitas dijamin terbaik dan tidak diragukan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.