Empat Kota dan Kabupaten se-Bandung Raya Siap Gelar Porprov 2026

oleh -5 views
WhatsApp Image 2021 12 31 at 10.57.41
Acara Rapat Kerja (Raker) KONI Kota Bandung  di Grand Hotel Pasundan, Bandung, Kamis (30/12/2021). (den/wmol)

BANDUNG I WMOL Sebanyak empat Kota dan Kabupaten mendeklarasikan sekaligus menandatangani nota kesepahaman (MoU) kesiapan mereka menjadi tuan rumah Porprov Jawa Barat 2026, mendatang.

Hal itu terwujud pada gelaran acara Rapat Kerja (Raker) KONI Kota Bandung  di Grand Hotel Pasundan, Bandung, Kamis (30/12/2021).

IMG 20220103 WA0012

Adapun keempat daerah yang mendeklarikan sebagai tuan rumah Porprov 2026 adalah adalah Kota Bandung, Kabupaten Bandung, Kota Cimahi dan Kabupaten Sumedang.

Mereka yang hadir di cara deklarasi itu Ketua I KONI Jawa Barat, Budhiana,  Wakil Ketua DPRD Kota Bandung Edwin Senjaya dan Edi Marwoto mewakili Plt Walikota Bandung sekaligus Kadispora Kota Bandung.

Keempat  Kota dan Kabupaten itu sepakat pengajuan atau bidding menjadi tuan rumah akan diserahkan kepada KONI Jawa Barat sebagai otoritas tertinggi olahraga di Jawa Barat dalam waktu dekat.

Keempat daerah tersebut optimis pelaksanaan Porprov 2026 akan berjalan sukses dan tidak akan memakan anggaran besar lantaran semua infrastruktur serta sarana dan pra sarana sudah siap pakai dan tak perlu untuk membangun yang baru.

Wakil ketua DPRD Kota Bandung Edwin Senjaya mengatakan, penandatanganan itu menjadi kesepakatan lima daerah untuk menjadi tuan rumah Porprov 2026.

“Tentu kita dari DPRD sangat mensuport rencana tersebut karena bagaimanapun banyak manfaat positif yang didapat khususnya untuk Kota Bandung. Kalau melihat kesiapan di Bandung Raya ini, khususnya Kota Bandung  secara infrastruktur, sarana dan prasarana sangat mendukung. Karena itulah perlu kita support,” ujar Edwin.

Dikesempatan yang sama Ketua KONI Kota Bandung Nuryadi mengatakan, Kota Bandung sangat siap sarana dan prasarananya. Belum lagi Kabupaten Bandung  dengan Komplek Olahraga Si Jalak Harupat-nya. KBB dan Kota Cimahi juga cukup memadai. Begitu, juga Kabupaten Sumedang memiliki infrastruktur di kawasan Jatinangor-nya.

“Kita dengan Kota Cimahi, KBB, Kabupaten Bandung dan Sumedang sudah berkomunikasi banyak dan maju bersama untuk menjadi tuan rumah Porprov tahun 2026, jadi ini tidak tiba-tiba tapi sebelum semuanya bertemu kita sudah berdiskusi cukup panjang, lalu kenapa KBB tidak  ikut deklarasi karena KBB sudah sesuai SK gubernur saat ini sebagai penyelenggara 2022. Jadi, tidak elok jika kami ajak, kecuali KBB mundur dari penyelenggaraan 2021 dan akan beralih ke 2026,” ujar Nuryadi.

Hal senada diucapkan Kadispora Kota Bandung, Edi Marwoto. Menurut Edi pada prinsipnya pemerintah Kota Bandung mendukung penuh  menjadi tuan rumah Porprov 2026.

“Itulah resiko yang kita hadapi kalau memang nanti perlu ada pembiayaan-pembiayaan dalam hal kegiatan nanti, kita akan persiapkan infrastrukturnya, sarana dan prasarananya yang ada dan kita tingkatkan agar layak menjadi tuan rumah di Bandung Raya, Keputusan rencana Porprov 2026 se-Bandung Raya tetap ada di KONI Jawa Barat. Pihaknya pun siap menerima bidding yang akan diajukan keempat Kota dan Kabupaten se-Bandung Raya,” tutur Edi.

Sementara itu Ketua I KONI Jawa Barat, Budhiana mengatakan, soal bidding nantinya ada tahapan-tahapan dan nanti akan disatukan dengan kota lain yang akan mengajukan.

“Seperti Kota Bogor yang sama-sama mengajukan bidding jadi Bandung Raya dan Kota Bogor sama siapnya, paling tidak terlihat dari keseriusan mereka, di Bandung Raya khususnya sudah kita saksikan, ada kepala daerah, pimpinan dewan,  tinggal nanti pada bidding siapa yang lebih unggul,” kata Budhiana.

Menurut Budiana, khusus untuk Bandung Raya, memang telah memiliki infrastruktur, Kota, Kabupaten Bandung, Cimahi dan Sumedang sehingga nantinya  bisa memunculkan nilai efisiensi sehingga tidak akan banyak anggaran yang dikeluarkan untuk pembangunan infrastruktur. (den)

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.