Senin, 6 Februari, 2023

Diet Sehat untuk Lawan Omicron dan Subvariannya

JAKARTA I WMOL – Membangun kekebalan tubuh termasuk salah satu langkah utama untuk tetap aman dalam pandemi COVID-19 yang saat ini memunculkan varian baru termasuk Omicron dan subvariannya.

Para dokter dan praktisi kebugaran menyarankan untuk mengubah pola makan untuk meningkatkan kesehatan. Pelatih pengobatan fungsional asal India, Vijay Thakkar salah mengatakan, kesehatan yang baik berarti sistem kekebalan tubuh bebas untuk melawan infeksi dengan sekuat tenaga.

“Ide di balik memerangi Omicron dengan makanan yakni untuk memberikan sistem kekebalan Anda kebebasan untuk melawan infeksi. Diet yang baik dan seimbang,” kata dia seperti dikutip dari Indian Express, Minggu (30/1/2022).

Diet yang disarankan yakni kaya protein termasuk kacang-kacangan dengan sembilan asam amino esensial sebagai kunci untuk membangun kembali dan mempertahankan kekebalan yang baik.

Sayuran berdaun hijau seperti brokoli, kacang polong, bayam dan varian musiman lainnya merupakan sumber vitamin C, lemak sehat, serat dan zat besi. Jika Anda sudah sembuh dari infeksi, cobalah minum kaldu dan sup karena membantu pemulihan lebih mudah bagi Anda.

Selain itu, jangan lupakan buah-buahan karena makanan ini memberi Anda dosis glukosa yang sehat, serat makanan, vitamin C, dan banyak nutrisi lainnya.

Buah jeruk, anggur, membantu menghidrasi tubuh. Tetap terhidrasi sangat penting jika Anda berharap untuk menghindari infeksi atau melawan gejalanya. Memasukkan buah-buahan dalam camilan harian Anda membantu menjaga rasa lapar Anda dan memberi Anda nutrisi penambah kekebalan.

Makanan lain yang disarankan yakni biji-bijian sebagai sumber yang kaya selenium, zinc, protein dan vitamin E, B6. Kacang-kacangan seperti almond, dan walnut juga sumber protein yang baik jika Anda seorang vegetarian. Biji labu, rami, dan chia memberi Anda fitokimia seperti antioksidan.

Antioksidan penting untuk menjaga tubuh Anda tetap bugar. Menyantap biji-bijian bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Mengkonsumsi biji-bijian juga dapat membantu menjaga berat badan Anda tetap terkendali.

Sebaiknya, hindari makanan yang digoreng dan terbuat dari tepung serta lemak trans.

Produk susu seperti susu, yogurt, juga dapat menambah asupan nutrisi Anda. Produk susu juga sumber kalsium dan vitamin D yang baik. Jika Anda tengah melawan Omicron, yogurt bisa menjadi pilihan yang paling bergizi untuk Anda. Probiotik ini meningkatkan pencernaan Anda dan membantu generasi bakteri usus yang sehat.

Anda juga harus memasukkan makanan kaya energi lainnya seperti jamur, ikan, telur dalam diet Anda. Makanan ini menawarkan mineral penting untuk sistem kekebalan tubuh yang sehat. (na/den)

Next Post

Discussion about this post

PILIHAN REDAKSI

Highlights

Trending