Inilah 7  Tips dalam Merawat Mobil SUV

oleh -10 views
tips perawatan mobil suv e1647230284557
Sumber : https://www.pexels.com/id-id/foto/orang-yang-memegang-roda-kemudi-kendaraan-hitam-1392621/

Perawatan mobil SUV yang dikenal sulit dan mahal, tentunya Anda perlu mengetahui tips merawat mobil SUV yang tepat. Mobil SUV adalah salah satu pilihan mobil yang banyak dilirik oleh masyarakat. SUV sendiri merupakan singkatan dari sport utility vehicle, yang sudah pasti mobil ini punya ciri sporty dan bertenaga serta punya penampilan yang terbilang mewah.

Agar Tahan Lama, Kenali Tips Merawat Mobil SUV Anda

Untuk perawatan tepat pada mobil SUV, berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan.

IMG 20220103 WA0012

1.     Melakukan Servis Secara Rutin

Tips perawatan mobil SUV yang pertama adalah yaitu dengan melakukan servis teratur. Peraturan servisnya sendiri biasanya sudah ditetapkan oleh pabrikan mobil, jadi pastikan bahwa Anda mengikuti prosedur perawatan mobil ini agar performa mobil tetap optimal.

Melakukan servis mobil meliputi pengecekan komponen mobil. Jadi ketika ada komponen yang rusak atau perlu diganti akan dilakukan tindakan lanjut, supaya mobil tetap stabil.

2.     Lakukan Pembersihan Mobil Secara Teratur

Untuk perawatan pada body mobil salah satunya dengan membersihkan mobil secara teratur. Baik untuk perjalanan jarak dekat maupun jauh, maka mobil tidak bisa terhindar dari namanya debu dan kotoran. Apalagi jika mobil sedang dalam perjalanan dan tiba-tiba hujan, sebaiknya lakukan pencucian mobil segera.

Selain penting merawat bodi mobil pada bagian eksterior, interior mobil juga tak kalah penting untuk dibersihkan. Bagian ruang mesin, kaki mobil hingga kabel juga harus turut dibersihkan. Bagian ini meski tidak terlihat, tapi punya potensi banyak kotoran yang menempel. Komponen-komponen tersebut jika tidak dibersihkan juga bisa mempengaruhi performa mobil.

3.     Gunakan Bahan Bakar Mobil yang Tepat

Untuk perawatan tepat pada mobile sufi yaitu dengan penggunaan bahan bakar yang tepat. Pakai bahan bakar yang cocok dengan mesin, hal ini akan mempengaruhi performa mobil agar tetap berfungsi secara prima.

Selain pemilihan bahan bakar yang tepat, Anda juga harus melakukan pengecekan bahan bakar. Karena cara ini bisa membuat mesin mobil Anda akan selalu berada pada kondisi yang normal. Pada mesin mobil yang mengalami kendala atau permasalahan, biasanya membutuhkan biaya perawatan yang besar.

4.     Pilih Oli Mobil Terbaik

 Selain penggunaan bahan bakar mobil yang tepat, tips merawat mobil SUV yang tepat yaitu dengan pemilihan oli. Anda harus memilih oli yang berkualitas dan juga original.

Oli terbaik yang dipakai akan membuat kestabilan suhu mesin lebih terjaga. Jangan pernah memilih oli murahan yang bisa saja tidak cocok dengan mobil anda. Mobile SUV harus dirawat dengan baik, salah satunya untuk pemilihan oli ini.

5.     Parkir Mobil Di Tempat Yang Tepat

Tips ini penting Anda lakukan jika sedang memarkirkan mobil di area terbuka. Jika mobil Anda harus di parkir di area outdoor selama seharian, maka pastikan bahwa mobil tidak langsung terpapar sinar matahari. Hal ini bisa mengakibatkan mobil Anda pada bagian body-nya akan mengalami penurunan warna cat mobil. Penurunan cat warna mobil bisa membuat body mobil menjadi terlihat kusam.

Salah satu solusi yang bisa Anda lakukan pada mobil yaitu dengan pakai pelindung ketika di parkir. Untuk pilihan mobil SUV terdapat banyak varian dari berbagai merek dan tipe. Namun saat ini ini mobil SUV yang banyak dipilih oleh masyarakat adalah Toyota Rush 2021.

Mobil dari merek Toyota ini digandrungi banyak orang karena berbagai kelebihan yang dimiliki merupakan salah satu mobil SUV terbaik di kelasnya. Mobil ini utamanya dipilih banyak masyarakat di kalangan milenial karena bisa menambah percaya diri saat menggunakan mobil sporty ini.

6.     Teknik Mengemudi Yang Benar

Tips terakhir yang bisa Anda lakukan untuk membuat mobil SUV tetap terawat yaitu dengan melakukan teknik mengemudi yang baik dan benar. Yang pertama, gunakan mobil secara optimal dengan menghindari berkendara jarak pendek. Karena saat berkendara sebentar saja atau jarak tempuhnya pendek maka suhu mesin belum terlalu optimal karena untuk memanaskan mobil saja butuh waktu sekitar 3 menit.

Kemudian sebaiknya hindari menekan pedal gas terlalu kuat, karena kegiatan ini bisa menyebabkan level RPM tidak tepat dan berpengaruh pada ritme perpindahan gigi saat berkendara. Pastikan bahwa Anda tidak berkendara secara ugal-ugalan karena akan membuat kondisi mobil jadi cepat rusak.

Berkendara secara ugal-ugalan juga sangat berbahaya karena mengancam keselamatan jiwa anda. Kemudian pastikan pula bahwa Anda melindungi mobil terutama untuk mobil baru dengan asuransi mobil. Asuransi menjaga mobil tetap terlindungi terutama bagi Anda yang sering melakukan perjalanan harian atau perjalanan jauh.

Itu tadi tips merawat mobil SUV yang bisa Anda coba lakukan. Dari beberapa tips diatas bisa diketahui bahwa untuk perawatan mobil jenis ini tidak terlalu rumit asal tahu strategi yang tepat. Bagi Anda yang sedang mencari pilihan mobil SUV terbaik, maka bisa menemukannya dengan mudah di Blibli.

Blibli menghadirkan mobil dari berbagai kelas, merk dan tipe. Mulai dari mobil dari merek Toyota atau merek-merek lainnya tersedia katalog lengkap. Pembelian mobil di Blibli, Anda bisa melakukan secara cash maupun kredit. Cara pembelian kredit mobil dibeli juga sangat mudah, bahkan Anda tidak perlu memiliki kartu kredit terlebih dahulu. Informasi lebih lengkap mengenai pembelian mobil di Blibli, Anda dapat mengunjungi marketplace ini baik melalui aplikasi maupun website resmi.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.