Survei Median: Ridwan Kamil Lima Besar Calon Presiden 2024

oleh -6 views
ridwan
Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil. (na/walimedia)
BANDUNG I WALIMEDIA – Hasil survei Median (lembaga survei anggota Asosiasi Riset dan Opini Publik Indonesia atau Aropi) menyatakan, Ketua Umum DPP Partai Demokrat, Agus H Yudhoyono, dan Gubernur Jawa Barat, M Ridwan Kamil, masuk ke dalam peringkat lima besar kandidat calon presiden Pemilu 2024.

Survei yang mengambil data pada 1-7 Maret 2022 kepada 1.200 responden yang memiliki hak pilih.

IMG 20220103 WA0012

Direktur Eksekutif Median, Rico Marbun, dalam keterangan persnya, Rabu (30/3/2022), mengatakan berdasarkan pada pertanyaan tertutup, muncul 10 besar elektabilitas calon presiden.

Sosok Agus Yudhoyono mendapat 5,1 persen, diikuti Kamil berada di peringkat lima dengan elektabilitas 3,8 persen.

Sementara Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, mendapat 13,1 persen dan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, dengan elektabilitas 14,4 persen. “Peringkat pertama Prabowo Subianto dengan 20,1 persen,” kata Marbun.

Sedangkan pada pertanyaan tertutup untuk calon wakil presiden yang akan dipilih responden, Agus Yudhoyono mendapat angka 5,5 persen, Muhaimin Iskandar 5,3 persen, Airlangga Hartarto 4 persen dan Susi Pudjiastuti 3,2 persen.

Adapun Ridwan Kamil berada di peringkat pertama dengan 5,8 persen.

Sementara itu, Direktur Eksekutif Instrat, Ridwansyah Y Achmad, menambahkan, hasil survei itu menunjukkan Ridwan Kamil berpotensi menjadi kandidat calon wakil presiden paling potensial dipilih masyarakat.

Hal ini menjadi modal politik bagi mantan Wali Kota Bandung itu untuk maju ke dalam kontestasi tersebut.

Bahkan, menurutnya bukan tidak mungkin Ridwan Kamil menjadi kandidat calon presiden paling potensial mengingat masa pemilihan yang masih dua tahun lagi.

“Sekarang saja dari survei bisa masuk lima besar. Bisa jadi kuda hitam, seiring waktu dan dinamika politik yang ada,” katanya. (na/den)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.