Senin, 6 Februari, 2023

Fakta-fakta Seputar Putri Diana yang Meninggal Seperempat Abad Lalu  

JAKARTA I WALIMEDIA – Putri Diana dari kerajaan Inggris berpulang akibat kecelakaan mobil 25 tahun lalu, membuat dunia jadi berduka. Berikut adalah fakta-fakta mengenai hidup Diana, dikutip dari Reuters, Kamis (25/8/2022).

– Diana Spencer lahir pada 1 Juli 1961 di keluarga aristokrat, anak ketiga dari empat bersaudara dari Viscount dan Viscountess Althorp.

– Dia bertemu Pangeran Charles pada 1977, pewaris takhta kerajaan Inggris, di rumah Althorp yang megah.

– Pada Februari 1981, pertuanganannya dengan Charles dimumumkan dan pada 29 Juli tahun yang sama mereka menikah di London, ditonton seluruh dunia. Diana resmi menjadi Princess of Wales.

– Putra pertama mereka, William, lahir pada 21 Juni 1982 dan adiknya Henry, dikenal sebagai Harry, lahir pada 15 September 1984.

– Pada 1986, Charles kembali berhubungan dengan Camilla Parker Bowles, perempuan yang nantinya dia sebut sebagai “cinta dalam hidupnya”. Diana menghadapi gangguan makan bulimia saat pasangan kerajaan itu melanjutkan pekerjaan di hadapan publik, tapi tinggal berpisah.

– Pada Juni 1992, “Diana – Her True Story” dari reporter tabloid Andrew Morton, diterbitkan dengan kerjasama rahasia dari Diana. Buku itu mengisahkan kehidupannya yang terjebak dalam pernikahan tanpa cinta dan dia juga pernah berusaha bunuh diri untuk menarik perhatian Charles.

Pada Agustus tahun yang sama, surat kabar menerbitkan potongan rekaman percakapan telepon antara Diana dan James Gilby, yang menyebutnya “Squidgy”, dan berkali-kali mengatakan dia mencintai Diana.

Perdana Menteri John Major mengumumkan perpisahan formal pasangan itu di parlemen pada Desember.

– Pangeran Charles dalam wawancara di televisi pada 1994 mengakui berselingkuh, dia mengatakan dia tetap setia pada janji pernikahan sampai hubungan itu betul-betul tak bisa diperbaiki meski kedua pihak telah berusaha.

– Pada 20 November 1995, Diana diwawancara oleh Martin Bashir di BBC dan mengakui perselingkuhan dengan James Hewitt.

Dalam wawancara itu, Diana mengatakan, “Ada tiga orang dalam pernikahan ini, jadi cukup ramai,” yang merujuk kepada hubungan Charles dengan Camilla.

– Pada 28 Agustus 1996, Charles dan Diana bercerai, mengakhiri 15 tahun pernikahan mereka.

– Diana terbunuh pada 31 Agustus 1997 dalam kecelakaan mobil di Paris bersama dengan kekasihnya, Dodi Al-Fayed. Setelah pemakaman, ia dikubur di sebuah pulau di Althorp.

-Sebuah penyelidikan atas kematiannya pada 2008 menyimpulkan bahwa Diana dan al-Fayed meninggal akibat kelalaian pengemudi Henri Paul saat menghindar dari kejaran paparazzi.

-Penyelidikan tahun 2021 menyimpulkan bahwa jurnalis Bashir telah berbohong dan menunjukkan laporan bank palsu untuk membujuk saudara laki-laki Diana, Charles Spencer, untuk memperkenalkan saudara perempuannya kepadanya, dan BBC telah menutupi penipuannya.

William mengatakan wawancara itu tak boleh lagi ditayangkan dan cara mereka mendapatkan wawancara dengan Diana “secara substansial mempengaruhi” apa yang dikatakan Diana.

“Wawancara itu punya kontribusi besar dalam membuat hubungan orangtua saya memburuk dan telah melukai banyak orang,” kata William. (na/den)

Next Post

Discussion about this post

PILIHAN REDAKSI

Highlights

Trending