Senin, 6 Februari, 2023

Penumpang Kereta Api Tahun Ini Diperkirakan Naik Dua Kali Lipat

JAKARTA I WALIMEDIA – Kepala Humas PT KAI Daop 1 Eva Chairunisa menyampaikan bahwa total penumpang kereta api pada masa libur Natal dan Tahun Baru tahun 2022 diprediksi akan meningkat dua kali lipat dibandingkan tahun lalu.
“Penjualan tiket kita prediksi bisa sampai dua kali lipat ya. Karena kalau di 2021, di Nataru tahun lalu saja itu total tiket terjual selama 18 hari sebanyak 190 ribu. Sementara sekarang saja, kita baru hari ke berapa, total tiket sudah terjual 325 ribu,” jelas Eva di  Jakarta Pusat, Minggu (25/12/2022).

Lebih lanjut, Eva menjelaskan bahwa dari jumlah tiket tersebut, terdapat beberapa rute favorit yang banyak menjadi tujuan penumpang. Diantaranya seperti Semarang, Solo, hingga Kutoarjo.

“Kalau kita lihat dari pilihan tiket yang sudah terjual, memang terdapat sejumlah rute favorit. Itu diantaranya tujuan Jogja, Semarang, Solo, Purwokerto, Kutoarjo,” kata Eva.

“Lebih jauhnya lagi itu ada tujuan Malang dan Surabaya yang menjadi paling favorit. Untuk jarak sedang sendiri itu ada Bandung dan juga Cirebon,” imbuhnya.

Untuk mengantisipasi kepadatan penumpang yang naik maupun turun dari Stasiun Pasar Senen, Eva mengatakan bahwa pihaknya telah melakukan penambahan jumlah personil keamanan.

Tak hanya itu, Stasiun Pasar Senen juga menambah petugas customer service yang akan membantu memberikan informasi kepada para calon penumpang hingga membantu mengatur arus penumpang.

“Secara keseluruhan kita menambah jumlah personil pengamanan. Kemudian kita menambah personil keamanan sampai dengan 600 personil gabungan dengan TNI Polri juga,” ujar Eva.

“Kita juga menambah petugas customer service mobile. Mereka kita tempatkan di zona 3, yang pakai rompi. Mereka melayani penumpang untuk pemberian informasi, kemudian membantu mengatur flow penumpang, seperti itu,” pungkasnya.

Sejak tanggal 22 Desember 2022 hingga 8 Januari 2023 mendatang, telah tersedia sebanyak total 1.221 KA dan terdapat 339 penambahan. Sementara itu, tempat duduk yang tersedia sebanyak 736.406 dan total tiket yang terjual sudah mencapai 325 ribu.

Sementara itu, di Stasiun Pasar Senen sendiri tersedia total 32 KA dengan volume keberangkatan sebanyak 18.133 dan volume kedatangan sebanyak 6.049. (na/den)

Next Post

Discussion about this post

PILIHAN REDAKSI

Highlights

Trending