Senin, 6 Februari, 2023

Dua Wisatawan Meninggal Tenggelam di Danau Situgunung Sukabumi

SUKABUMI  WALIMEDIA –  Dua wisatawan asal Kabupaten Cianjur dan Bandung, Jawa Barat  meninggal dunia akibat tercebur dan tenggelam di Danau Situgunung, Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, Minggu (1/1/2023)

“Jasad kedua korban yakni Nandi (21) warga Cianjur, dan Benthar Kutanagara (28) warga Bandung sudah dievakuasi oleh Tim SAR gabungan dari Polres Sukabumi Kota, Kodim 0607, Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (BBTNGGP), Basarnas, BPBD, Palang Merah Indonesia (PMI) yang dibantu relawan,” kata Kapolres Sukabumi Kota AKBP SY Zainal Abidin, di Sukabumi, Minggu.

Informasi yang dihimpun dari pihak kepolisian, kecelakaan di Danau Situgunung tersebut berawal saat kedua korban bersama seorang rekannya yakni Elvin (24) menaiki sebuah rakit bersama 14 wisatawan lainnya.

Namun di tengah danau, Benthar memilih untuk menceburkan diri dengan alasan ingin membersihkan diri dari lumpur usai bermain bola. Tapi sayangnya, tubuh Benthar malah tersedot ke dalam danau.

Kedua rekannya yakni Elvin dan Nandi yang melihat rekannya tenggelam spontan menceburkan diri ke dalam danau. Bukannya membantu menolongnya, keduanya malah ikut tenggelam. Wisatawan yang melihat kejadian itu langsung meminta pertolongan dan tidak lama tim SAR gabungan tiba di lokasi untuk memberikan pertolongan.

Elvin dan Nandi pun berhasil diselamatkan dan langsung dilarikan ke Rumah Sakit Betha Medika Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi, sementara jasad Benthar hilang tenggelam. Namun Nandi saat menjalani perawatan di rumah sakit, akhirnya mengembuskan napasnya yang terakhir, dan Elvin saat ini kondisinya berangsur-angsur pulih.

Tim SAR yang terus melakukan pencarian terhadap jasad Benthar akhirnya membuahkan hasil, sekitar satu setengah jam pascakejadian atau pukul 15.00 WIB berhasil ditemukan dalam kondisi sudah tidak bernyawa.

Menurut Zainal, setelah dilakukan visum et repertum kedua jasad korban diserahkan kepada pihak keluarga untuk dibawa ke daerahnya masing-masing dan dikebumikan.

Antisipasi terjadinya hal serupa, pihaknya memperketat pengamanan di lokasi kejadian.

Staf Penanggulangan Bencana PMI Kabupaten Sukabumi Dikdik Maulana mengatakan pada operasi SAR pihaknya menurunkan sejumlah personel untuk membantu tim SAR gabungan di lokasi.

“Jasad korban terakhir kami temukan dalam kondisi sudah meninggal dunia dan langsung dievakuasi ke RS Betha Medika Cisaat,” katanya pula. (na/den)

Next Post

Discussion about this post

PILIHAN REDAKSI

Highlights

Trending