Senin, 6 Februari, 2023

Terkait Begal, RK Perkuat Koordinasi Tingkatkan Keamanan

BANDUNG I WALIMEDIA – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memperkuat koordinasi dengan stakeholder untuk meningkatkan keamanan terkait dengan maraknya tindak kriminal begal yang terjadi belakangan ini di sejumlah wilayah di Jawa Barat.

“Saya akan terus mengoordinasikan keamanan di Depok, Bekasi, Pangandaran, Tasikmalaya, dan Garut yang sempat ramai (pembegalan), termasuk di Bandung,” kata Ridwan Kamil di Kota Bandung, Jumat (13/1/2023)
Selain itu, Gubernur Ridwan Kamil juga mengimbau kepada warga Jabar untuk menghidupkan kembali ronda malam dan menggencarkan siskamling sehingga dapat menekan tindak kriminalitas.
Warga juga diimbau segera melaporkan jika melihat ada hal-hal yang mencurigakan di lingkungannya karena ketertiban dan keamanan bukan hanya tugas negara, melainkan tugas bersama seluruh masyarakat.
“Rajin melaporkan, mengamati gerak-gerik mencurigakan dan lain sebagainya. Keamanan, ketertiban, dan kebersihan bukan hanya tugas negara. Itu tugas kita bersama. Jadi siskamling mudah-mudahan menjadi satu solusi dalam hal preventif,” kata dia.
Sementara itu, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung memperbanyak lampu jalan mulai dari Penerangan Jalan Umum (PJU), Penerangan Jalan Lingkungan (PJL), hingga kamera pengawas atau CCTV guna mencegah aksi begal.
Wali Kota Bandung Yana Mulyana mengatakan Pemkot Bandung telah menyiapkan anggaran sebesar Rp24 miliar yang berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) untuk memperbanyak lampu jalan tersebut.
“Karena faktanya kejadian kejadian itu (kriminalitas) bisa terekam CCTV,” kata Yana di Balai Kota Bandung.
Menurut dia, penempatan lampu jalan dan kamera CCTV itu dikoordinasikan dengan seluruh pihak agar penempatannya maksimal. Sehingga menurutnya penempatannya disesuaikan dengan kebutuhan atau kerawanan. (na/den)
Next Post

Discussion about this post

PILIHAN REDAKSI

Highlights

Trending