Tata Kelola Perusahaan Untuk Cegah Korupsi

bjb1Bandung, Walimedia – Penerapan praktik Good Corporate Governance (GCG) dengan baik yang dilakukan oleh bank bjb syariah, sangat didukung oleh PT. Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten, Tbk. (bank bjb) sebagai induk perusahaan.

Menurut Pimpinan Divisi Divisi Corporate Secretary bank bjb, Hakim Putratama, langkah tersebut sebagai bagian dari penerapan prinsip tata kelola perusahaan dengan baik sesuai ketentuan yang berlaku.

Bank bjb sebagai induk perusahaan bank bjb Syariah, selama ini selalu melakukan pengawasan ketat terhadap berbagai proses kinerja perusahaan.

“Pengawasan dari induk usaha sudah ketat, agar mereka mampu secara terus menerus menerapkan tata kelola perusahaan dengan baik. Kalau ada sedikit masalah, itu harus dilihat mungkin ada oknum tertentu,” kata Hakim, melalui keterangan pers di Bandung, Senin (23/10).

Ditambahkannya, bank bjb juga akan terus mendukung anak perusahaannya untuk menjalankan proses bisnisnya dengan tetap berdiri sesuai dengan tata kelola perusahaan yang baik.

Bank bjb pun tetap akan mengutamakan keamanan dan tak akan menyampingkan kepentingan nasabah, dan tak akan menoleransi terjadinya korupsi dan penipuan dalam bentuk apapun.

Jika ada masalah yang terjadi di bank bjb Syariah tersebut, bank bjb menegaskan tidak akan mengganggu kinerja bisnis, dan pelayanan bank bjb kepada masyarakat terutama para nasabah.

Dalam menjalankan bisnisnya, bank bjb senantiasa mematuhi peraturan yang berlaku dan selalu mengimplementasikan penerapan Good Corporate Governance (GCG) dengan baik.

“Kami berkomitmen untuk terus mengembangkan bank bjb dengan mengedepankan prinsip kehati-hatian dan azas prudential banking,” kata Hakim.

Dalam menerapkan GCG, bank bjb sudah rutin mengantongi berbagai apresiasi dan penghargaan dari pihak luar. Diantaranya penghargaan Annual Report Award (ARA) Tahun Buku 2016 beberapa waktu lalu.

ARA adalah salah satu penghargaan yang prestisius dengan menilai kualitas Penerapan Good Corporate Governance dengan mengacu pada ketentuan penilaian yang berlaku secara internasional. Dengan mengusung tema “Kualitas Keterbukaan Informasi untuk Mendukung Kinerja Perusahaan Secara Berkelanjutan dalam Memenangkan Persaingan Global”.

ARA diselenggarakan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), bekerja sama dengan Kementerian BUMN, Direktorat Jenderal Pajak, Bank Indonesia, Bursa Efek Indonesia, Komite Nasional Kebijakan Governance (KNKG), dan Ikatan Akuntan Indonesia, yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas informasi dan governance.

Dengan berhasil menyandang predikat juara 1 pada kategori BUMD Listed Company, bank bjb telah menunjukkan komitmennya sebagai BPD terbesar di Indonesia yang telah mengimplementasikan prinsip-prinsip tata kelola perusahaan dengan sangat baik.

Selain itu bjb juga dinilai senantiasa patuh dan melaksanakan setiap ketentuan dan perundang-undangan yang berlaku, hingga mampu mengantarkan bank bjb sebagai salah satu bank yang berkinerja baik di Indonesia dengan mampu mencatatkan pertumbuhan kinerja yang positif.

Abud

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY