">

Menpora RI: Almarhum Sinyo, Dubes yang Baik untuk Kontingen Indonesia di SEAG 2019 Filipina

JAKARTA I WALIMEDIA – Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali pada Sabtu (13/2) malam, melayat almarhum Dubes RI untuk Filipina Sinyo Harry Sarundajang yang meninggal dunia pada Sabtu (13/2/2021), Pukul 00.31 WIB di rumah duka Sentosa, RSPAD, Jakarta. 

Tiba di rumah duka pukul 19.00 WIB, Menpora RI disambut oleh keluarga besar almarhum. Menpora RI menghabiskan waktu sekitar 20 menit untuk berbincang-bincang dengan keluarga.

Saat akan meninggalkan rumah duka, Menpora RI bersalaman dan mengucapkan duka yang mendalam kepada keluarga. 

“Saya atas nama pribadi maupun Menteri Pemuda dan Olahraga ikut berduka cita atas wafatnya Bapak Duta Besar Sinyo Harry Sarundajang. Semoga almarhum mendapat tempat yang layak di sisi Tuhan Yang Maha Esa dan  keluarga besar yang ditinggalkan diberikan ketabahan,” kata Menpora RI. 

Menpora RI  menuturkan, almarhum  sangat luar biasa. Menurutnya, almarhum seorang duta besar yang sangat melayani masyarakat Indonesia yang datang ke Filipina.

“Almarhum sangat luar biasa. Saya merasakan betul seorang duta besar melayani dan memberikan perhatian  seluruh kebutuhan kontingen Indonesia. Bahkan saya dari pagi sampai malam didampingi almarhum saat nonton pertandingan saat Sea Games 2019 di Filipina,” ujarnya. 

Menpora RI mengatakan, cukup mengenal sosok almarhum. Ia pun mengaku memangil almarhum dengan sebutan SHS.

“Saya memanggil almarhum dengan sebutan SHS (panggilan akrab Menpora RI). Kita semua  tentu mengenal almarhum sebagai Gubernur Maluku dan Maluku Utara,” ucapnya. 

“Almarhum pernah memimpin Sulawesi Utara selama dua periode. Tentu kita tidak meragukan lagi ketokohan almarhum baik di bidang politik maupun pemerintahan. Bangsa Indonesia kehilangam atas berpulangnya Bapak Sinyo Harry Sarundajang, ” lanjutnya. 

Semasa hidupnya, Almarhum juga pernah berada sebagai Wali Kota Bitung (1986), Pj Wali Kota Madya Bitung (1990), Wali Kota Bitung (1991-200). Selepas itu, Sinyo Harry Sarundajang menjadi staf ahli mendagri bidang strategis pada (2000).

Jabatannya sebagai kepala daerah kemudian dilanjutkan pada 2002-2003 sebagai Pj Gubernur Maluku. Ia juga pernah berada Irjen Departemen Dalam Negeri pada 2001-2005, Lalu Pj Gubernur Maluku Utara 2002. Sinyo Harry Saundajang lahir pada 16 Januari 1945, juga merupakan mantan Gubernur Sulawesi Utara periode 2005-2010 dan 2010-2015.

Membawa kariernya di dunia politik, Sinyo Harry Sarundajang juga pernah terpilih menjadi anggota Dewan Pers periode 2016-2019. Sinyo diketahui pengap sebagai dubes RI untuk Filipina sejak 2018-2021. (kemenpora.co.id/esa)